Saturday, October 17, 2020

PENOLONG YANG DIUTUS

 Daily Devotion Alive and Transformed 

Yoh 16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Yesus sedang berbicara mengenai Roh Kudus yang akan datang setelah DIA kembali ke Surga. Dan itu memang dibuktikan setelah 10 hari Yesus naik ke Surga, Dia kirimkan Roh Kudus ke dalam dunia ini untuk menyertai murid-muridNya senantiasa. Karena DIA berjanji untuk tidak meninggalkan murid-muridNya sebagai yatim piatu.

Roh Kudus dikatakan sebagai Roh Penghibur (Comforter) atau didalam terjemahan King James, disebut Helper (Penolong). Salah satu dari fungsi Roh Kudus dihati orang percaya adalah menghibur, menolong dan menguatkan hati para pengikut Kristus.

Yesus tahu didalam dunia ini penuh tantangan, duri dan onak selalu hadir dalam hidup manusia, murid-muridNya tidak luput dari kekecewaan, putus harap, frustasi, ingin give up, tidak semangat, merasa bosan, dan banyak lagi yang lainnya. Untuk itulah Roh Kudus itu datang dan hadir dalam kehidupan kita, untuk  memberikan satu encouragement (dorongan), agar tetap semangat, tetap berharap pada TUhan, dll.

Roh Kudus disebut sebagai penolong, ini jangan diartikan penolong  (helper) itu seperti inang pengasuh, atau assistant rumah tangga yang disuruh ini itu oleh majikannya. Roh Kudus adalah Roh Allah yang senantiasa berdiam didalam hati dan hidup kita. janji Yesus adalah bahwa Dia tidak akan meninggalkan murid-muridNya sendirian, Dia kirimkan Roh Kudus, agar berdiam di dalam hidup mereka selama 24 jam, senantiasa selalu hadir.

Eoh Kudus memiliki kepribadian yang lembut, dan sopan. Dia tidak akan memasuki area dimana kita pasang tembok atau palang pintu didalamnya. Seberapa jauh Dia dipersilahkan masuk dalam area hidup kita, seberapa itulah juga DIa akan hadir. Karena itu janganlah kita sembunyikan ruang-ruang dihati kita atau area didalam hidup kita yang melarang Roh Kudus untuk terlibat didalamnya.

Ada satu anak Tuhan, dia sakit hati dengan temannya, dia ingin membawa sakit hati itu sampai mati. Dia tidak mau mengampuni temannya itu, karena terlalu sakit dan pahit. Kalau hatinya menutup rapat-rapat untuk Roh Kudus bekerja didalam hatinya, maka Roh Kudus tidak memasuki area tersebut. Roh Kudus hanya mengingatkan agar dia melepaskan kepahitan itu. Lain hal nya kalau saudara kepingin bebas dari kepahitan itu, tapi tidak bisa, maka tugas Roh Kudus adalah menolong saudara, memampukan saudara untuk mengampuni orang tsb.

Jangan kecilkan peran Roh Kudus dihati orang percaya, kekuatanNya terlalu dahsyat dan luarbiasa. Dampaknya keren habisss. Libatkan Roh Kudus dalam segala hal, maka saudara akan terheran-heran melihat hasilnya !

Have a blessed weekend !

No comments:

Post a Comment