Wednesday, November 11, 2020

KEUNTUNGAN MENJADI MILIK KRISTUS

Serial Milik Kristus 3

Daily Devotion Alive and Transformed

1 Pet 1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,

1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Saudara adalah milik kepunyaan Kristus, karena sudah ditebus oleh sesuatu yang jauh lebih berharga dari emas, yakni darah yang mahal, darah Kristus.

Mungkin saudara berpikir bahwa menjadi milik Kristus, hidup sepertinya terkekang, tidak bebas, tidak leluasa. Tetapi yang tidak banyak diketahui adalah bahwa sebagai milik Tuhan kita memiliki hak istimewa & keuntungan yang besar. Kita yang benar-benar telah menjadi milik-Nya, diperhatikan & dijaga seperti biji mata-Nya (Zak. 2:8). Sebagai salah satu bagian yang vital dalam tubuh kita, biji mata tidak akan kita biarkan ‘tersentuh’ bahkan oleh satu titik debu sekalipun!

Ya, Tuhan kita adalah Tuhan yang campur tangan, turun tangan, terlibat langsung secara aktif progresif bahkan TURUT BERTANGGUNG JAWAB atas hidup kita - jika kita sungguh-sungguh milik-Nya. Tak sedetik pun kita ditinggalkan atau dilalaikan apalagi diterlantarkan!

Saat Saulus menganiaya umat Tuhan, siapa yang turun tangan menghadang Saulus? Tuhan Yesus sendiri! Apa yang Yesus katakan kepada Saulus? Saulus mengapa engkau menganiaya Aku?

Orang yang menganiaya kita, itu sama saja menganiaya milik Kristus, dan Tuhan tidak akan tinggal diam dalam hal itu. Untuk itu, jangan cepat panic, saat ada orang yang menganiaya hidupmu, karena penjagaMu tidak terlelap !

Mazmur 91 ini adalah satu mazmur yang berisikan tentang janji perlindungan Tuhan bagi orang percaya, bagi milik kepunyaanNya. Keamanan, ketenangan dan kedamaian adalah dambaan semua insan di dunia ini.  Namun, adakah tempat di mana seseorang dapat terlindungi dengan aman?  Tidak ada tempat di belahan bumi mana pun yang dapat menjamin seseorang merasa aman dan terlindungi.  Seorang presiden, pejabat tinggi Negara atau artis bisa saja punya pengawal bersenjata yang menyertainya ke mana saja mereka pergi bertugas; orang kaya boleh saja memiliki satpam yang berjaga-jaga selama 24 jam di rumahnya, namun tidak bisa menjamin keamanan mereka 100% karena bagaimanapun juga para pengawal adalah manusia biasa yang terbatas kekuatan dan kemampuannya.

Pemazmur berkata,  "Jikalau bukan Tuhan yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga."  (Mazmur 127:1b).  Satu-satunya Pribadi yang dapat memberikan perlindungan yang sempurna, sehingga kita akan merasa aman, tenang dan damai adalah Tuhan.  Tidak ada yang lain!  Memang, Tuhan tidak pernah berjanji perjalanan hidup kita tidak akan terlepas dari masalah, tantangan dan pergumulan, tapi Ia berjanji akan senantiasa menyertai kita, menopang, menguatkan, melindungi dan memberi pertolongan saat kita diperhadapkan dengan semuanya itu.

Jadi perlindungan yang sempurna akan dialami oleh orang-orang yang  menjadi milik Kristus. Perlindungan adalah satu bagian berkat yang Tuhan sediakan. Tuhan menjaga dan melindungi milik kepunyaanNya. Tidak hanya dijaga, tetapi juga dipelihara. Perjalanan bangsa Israel di padang gurun, adalah bukti bahwa Tuhan menjaga dan memelihara umat kepunyaanNya. Pakaian, sepatu yang mereka pakai, tidak pernah usang ataupun lapuk, karena ada pemeliharaan Tuhan atas mereka. Makanan dan minuman tidak pernah habis-habisnya tersedia untuk umatNya. Perlindungan terhadap marabahaya juga Tuhan siapkan untuk menjaga mereka. Tidak hanya kita yang dijaganya, tetapi juga anak-anak kita. buatlah anak-anak saudara menjadi milik Kristus, maka Kristus akan menjaga dan memeliharanya, sehingga saudara berkurang kuatirNya tentang hidup dan masa depan mereka, karena anak-anak saudara telah menjadi milikNya. Alangkah beruntungnya menjadi milik kepunyaan Kristus !

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment