Friday, November 6, 2020

PERNYATAAN NAMA ALLAH

Daily Devotion Alive and Transformed

Yoh 17:6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

Siapakah nama Allah? Untuk pertama kali Allah memberikan namanya, sewaktu Allah berbicara kepada Musa di semak belukar.

Kel 3:13 Lalu Musa berkata kepada Allah: "Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? --apakah yang harus kujawab kepada mereka?"

3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

Sebelum itu, Allah hanya menyatakan diriNya sebagai  Allah lintas generasi (Kel 3:6  Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.").

Nama “I am that I am (Aku adalah Aku)” terkesan agak aneh sekali. Tetapi maknanya sangat dalam. salah satunya adalah, Aku adalah Aku, selain Aku tidak ada yang lain. Dengan kata lain, hanya ada satu Allah, tidak ada allah lain, tidak ada yang bisa disamakan, atau disandingkan.

Yesus mengatakan bahwa Ia telah menyatakan nama Bapa di Surga. Kapankah itu? Melalui pengajaranNya, Yesus menyatakan siapakah AKU ADALAH AKU itu. Kita telah mempelajari dalam renungan terdahulu, Yesus menyatakan nama-nama Allah.

Nama berhubungan dengan karakter dari pribadi tersebut. Sewaktu Yesus menyatakan nama Allah, itu berkenaan dengan karakter pribadi dari Allah itu sendiri.

Berikut ini adalah list dari pernyataan Yesus tentang nama Allah didalam kitab Yohanes:

1. AKUlah Roti Hidup  (Yoh 6:35, 41, 48, 51)  Sebagaimana Roti yang menjadi kebutuhan makanan sehari-hari, begitu juga Yesus menawarkan kebutuhan kehidupan rohani.

2. AKUlah Terang Dunia (Yoh 8:12) Kepada dunia yang gelap dan terhilang, Yesus menyatakan dirinya sebagai penuntun didalam kegelapan.

3. AKUlah pintu bagi domba-domba (Yoh 10:7,9)  Yesus melindungi domba-domba sama seperti gembala melindungi ternaknya.

4. AKUlah kebangkitan dan hidup (Yoh 11:25) kematian bukanlah akhir dari segalanya bagi orang yang didalam Kristus. Karena kita akan dibangkitkan dan hidup bersama Kristus

5, AKUlah Gembala yang Baik (Yoh 10:11, 14) Yesus akan memelihara dan menjaga kepunyaanNya

6. AKUlah Jalan, Kebenaran, dan Hidup (Yoh 14:6) Yesuslah sumber dari segala kebenaran, dan pengetahuan tentang Allah.

7. AKUlah pokok Anggur yang benar (Yoh 15:1, 5) dengan tinggal diam didalam Kristus, maka Yesus yang menjadi sumber kehidupan, akan mengalir didalam hidup kita sehingga kita berbuah.

Kesemuanya itu, nama Allah yang menyatakan diriNya sebagai – AKU ADALAH AKU (THE GREAT I AM) itu adalah nama YESUS sendiri.  YESUSlah yang berbicara kepada Musa disemak belukar, AKU ADALAH AKU. Jadi jika ada pertanyaan siapakah nama Allahmu? YESUS !


Nama Yesus bukanlah sembarang nama sebagaimana ditegaskan dalam Alkitab:  "Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku:  'Yesus Kristus adalah Tuhan,'  bagi kemuliaan Allah, Bapa."  (Filipi 2:9-11).

Jelas nyata bahwa nama Yesus adalah nama di atas segala nama, yang di dalamnya terkandung kuasa yang mahadahsyat sehingga segala yang ada di atas langit dan di bawah bumi bertekuk lutut, dan Allah memberikan jaminan yaitu jawaban doa kepada siapa pun yang berdoa atas nama Yesus Kristus. 

Jadi bukan asal sebut jika doa-doa kita selalu diakhiri di dalam nama Yesus.  Mengapa harus dalam nama Yesus?  Ketika kita berdoa meminta segala sesuatu kepada Bapa di sorga di dalam nama Yesus, kita sedang meminta di atas otoritas Yesus Kristus.  Artinya seluruh otoritas Yesus Kristus akan menyertai kita, sehingga  "...segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku."  (Yohanes 16:23b).  Dalam nama Yesus doa kita akan dijawab oleh Bapa dan apa yang kita minta akan dikabulkanNya.

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment