Tuesday, December 1, 2020

Desember Yang Benderang

 Daily Devotion - Alive and Transformed

Hari ini kita memasuki bulan Desember, dengan cuaca yang lebih sering dibayangi dengan mendung dan hujan beberapa hari ini. Ditambah lagi dengan keadaan dunia yang dilanda pandemic, kebanyakan dari kita mungkin merasa stuck, bosan, dan bingung karena terlalu banyak ketidakpastian yang membayangi saat kita berada di penghujung tahun 2020 yang dramatis ini. Lalu apakah Desember ini menjadi Desember yang kelabu bagi kita? Atau mampukah kita menemukan Terang dan menjadi terang dalam keadaan yang kelabu saat ini?

Bulan Desember yang identik dengan perayaan Natal, di mana kita merayakan sukacita kehadiran Sang Juru Selamat di dunia ini, dengan nyanyian dan seruan para malaikat tentang “Berita Kesukaan Besar Bagi Seluruh Bangsa”.  Saat Natal pertama terjadi, dunia tidak sedang dalam keadaan yang tenang dan damai.  Juru Selamat kita lahir dalam dunia yang gelap seperti yang difirmankanNya:

bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang.( Mat 4:16)

Aku sedang menuliskan lagi perintah baru kepadamu, apa yang benar di dalam Dia dan di dalam kamu, karena kegelapan sedang lenyap dan terang yang benar sekarang bersinar. (1 Yoh 2:8)

Ketika kita merenungkan ayat ini, Desember yang dipenuhi dengan awan kelabu tidak akan menghalangi usaha kita untuk membangun antisipasi dan antusiasme tentang arti Natal yang sesungguhnya. Kita bisa membawa keluarga kita (terutama anak-anak kita) untik memahami makna Natal, bahwa Allah begitu mengasihi kita sehingga Dia memberikan PutraNya yang tunggal bagi kita (Yoh 3:16). Kita pun dapat memaknai Natal sebagai Pengingat bahwa masih ada Terang yang bercahaya dan harapan kita tidak akan pernah hilang.

Satu hal lagi, jika Saudara memasuki Desember yang dingin, ada tips untuk membawa kehangatan yaitu dengan berkumpul di depan api yang menyala.  "Bukankah firman-Ku seperti api?" firman TUHAN (Yer 23:29). Ingatlah akan ayat-ayat Firman Tuhan, dan dalam setiap pertemuan keluarga di rumah maupun dengan sesame anggota Oikos, jangan pernah melupakan ‘api” ini.

Selamat memasuki bulan Desember, dengan Terang Ilahi yang menyertai setiap Saudara, yang bukan hanya menyinari kehidupan kita, tetapi memampukan kita untuk menjadi Terang.

Di dalam kegelapan, TerangNya tampil bersinar!

Have a blessed day !

1 comment: