Thursday, December 17, 2020

MENYIMPAN DIDALAM HATI

 Daily Devotion Alive and Transformed

Lukas 2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. 2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. 2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.

Kabar yang disampaikan oleh para gembala itu adalah kabar yang luarbiasa, dan membuat orang yang ada di dekat palungan, termasuk Yusuf dan Maria tercengang-cengang.

Belum pernah ada bayi lahir di dunia ini dengan dirayakan oleh para malaikat, dan mereka menyanyikan kidung pujian. Maria yang pernah mendapat kunjungan malaikat bertambah yakin akan bayi yang baru saja dilahirkan.  Yang menariknya, Maria menyimpan segala perkara itu didalam hatinya dan merenungkannya.


Kebiasaan kita, kalau kita mendengar tentang hal yang luarbiasa mengenai diri kita, atau apa yang akan terjadi dengan diri kita, adalah menyampaikannya kepada semua orang, posting di FB, IG, di sosmed. Karena kita ingin orang turut bersukacita dengan apa yang kita alami. Tetapi Maria ini berbeda, dia menyimpannya didalam hatinya. Ada hal-hal yang bisa diceritakan kepada public ada yang tidak perlu diceritakan atau belum waktunya.

Ada kalanya kita harus dapat mengendalikan diri untuk tidak cerita kesana kemari, sampai menunggu waktu yang tepat.

Mungkin saudara mendapt penglihatan, atau mimpi dari Tuhan, jangan cepat-cepat cerita, uji lagi apakah itu benar dari Tuhan, renungkan lagi, tunggu sampai waktu yang tepat baru saudara bisa bagikan.

Tuhan  Yesus seringkali berbicara tentang waktu yang belum tiba. Kalau terlalu cepat bertindak dapat berakibat tidak baik. Ketidak sabaran dapat mengakibatkan masalah baru. Sarah tidak sabar menantikan janji Tuhan, sehingga membuat kekeliruan dalam mengambil keputusan, yakni menyerahkan Hagar kepada Abraham untuk memperoleh anak. Akibatnya rumah tangga mereka sempat mengalami kegoncangan dan gesekan.

Banyak kali kita bersalah dalam berkata-kata, kita terlalu cepat berbicara tanpa mengenal waktu yang tepat, atau berbicara pada tempat yang salah, sehingga kita mengalami masalah baru dan butuh waktu, tenaga, usaha, untuk meluruskannya.  Belajarlah untuk mengendalikan diri.

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment