Saturday, January 23, 2021

IMAM BESAR MENGADILI IMAM BESAR AGUNG

 Yoh 18:22 Ketika Ia mengatakan hal itu, seorang penjaga yang berdiri di situ, menampar muka-Nya sambil berkata: "Begitukah jawab-Mu kepada Imam Besar?"

18:23 Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku itu salah, tunjukkanlah salahnya, tetapi jikalau kata-Ku itu benar, mengapakah engkau menampar Aku?"

Kayafas menjabat sebagai imam besar, dia  sedang mengadili Yesus, sang imam besar agung, dan dia menanyai tentang pengajaranNya.

Matius 26:62 Lalu Imam Besar itu berdiri dan berkata kepada-Nya: "Tidakkah Engkau memberi jawab atas tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?"

26:63 Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak."

26:64 Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit."

26:65 Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya.

Fungsi dari imam besar adalah mempersembahkan korban kepada Allah. Setahun sekali imam besar diperkenankan masuk ke ruangan maha kudus dan menyembah Allah yang kudus, kesempatan itu sangatlah istimewa.

Disini imam besar Kayafas tanpa disadari sedang berhadapan dengan Allah yang selama ini dia sembah, bahkan bertatapan muka dengan muka. Tapi dia tidak menyadarinya.  Katakanlah dia bercakap-cakap dengan Yesus selama beberapa saat, dan itu adalah kesempatan istimewa, tetapi sayang dia tidak tahu akan hal itu. Kayafas malah menginterogasi Yesus, Allah yang dia sembah selama ini.

Pada waktu Allah melawat kita, jangan sampai kita tidak mengetahui kehadiranNya. Allah bisa datang dalam wujud orang yang miskin, orang yang sakit, orang yang teraniaya, atau cleaner di kantormu? Apakah kita peduli dan menyambutnya?

Matius 25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum;

25:43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku.

25:44 Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau?

25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.

Kayafas tidak pernah menyangka bahwa orang yang ada didepannya ini adalah Allah yang dia sembah. Dan celakanya dia malah mengadili Allah, hakim Agung.

Biarlah mata dan hati kita celik saat Allah datang dalam bentuk orang-orang yang ada disekitar kita.

Have a blessed day !

 

No comments:

Post a Comment