Tuesday, June 30, 2020

Chicken pox…O …Chicken Pox…part 1

Obrolan santai

Kebayang gak sih gaessz, umur 41 taun kena penyakit kudisan, cacar air?? kayaknya gak banget deh...apalagi kejadiannya saat lagi merantau di luar negri, inilah pengalaman gw 12 taun yg silam.. , sekedar berbagi. 

Singapore, Sabtu, 22 Nov 2008

Gw bangun seperti biasa jam 6.00 AM, doa bentar, lalu mandi, meski udah tahunan tinggal di Spore, kebiasaan mandi pagi hari jangan dihapus, maklum orang Spore, jarang mandi pagi, coba aja liat kalo pagi pagi di mrt, rata-rata orang pada kusut-kusut rambutnya serta bau iler, tapi tidak untuk diriku. 

Omaigad.....OmG...OmG...!!! (Betawi: ya olooo..ya..oloo...yoloo...) berkali kali gw nyebut...gw liat badan gw ada  bintik-bintik merah, bentol kayak digigit nyamuk, padahal di Singapore itu nyamuk boleh dibilang mahluk langka, bisa diitung sama jari. 

Gw liat diperut gw juga ada 3 bintik merah. Sakti banget nyamuk di Spore sehh, bisa nembus kaos gw, pikir gw. Kayak gak ada bagian yang lebih gampang digigit.

Tapi gw agak curiga, kok terasa gatel banget, obat paling mujarab gatel, ya digaruk, duh..asik banget…eiittt…tapi pikiran gw menerawang…jangan..jangan…?? omaigad..!! ya olooo…!!! jangan-jangan gw kena cacar air ?!!! 

alamak, masak sih…di usia senja gini kena cacar air, apa kata dunia….. ???  jujur gw panic saat itu...sambil harap-harap cemas...semoga bukan...

Seumur hidup gw belum pernah terjangkit penyakit gini, maklum system imun tubuh gw kebilang solid, bayangin aja, waktu gw masih bayi disusui  ASI ama dua ibu, mak gw ama tetangga mak gw (kalo mak gw lagi ke gereja), bahkan tuh mak tetangga, rela memilih nyusuin gw ketibang nyusuin anaknya. 

Gw inget-inget, waktu gw pulang dua minggu yg lalu, emang anak gw yang pertama, Joel kena cacar air, menurut hikayat, orang yang belum pernah kena cacar air ngak boleh interaksi langsung ama yang penderita cacar, pasti ketularan. Tapi ngeliat anak gw menderita kayaknya ngak tega, masak gw sebagai bapaknya, anak gw sakit, terus gw kasih jarak 1 meter kalo ngomong? Ya gw peluk, gw berikan kata-kata semangat, encouragement gitu…

Jadi selama satu minggu, gw tidur ama Joel, gw yang pakeein salep langsung ke cacarnya. Puji Gusti, Joel, udah sembuh dengan cepat, bangga juga gw sebagai bapaknya, karna gw datang, anak gw sembuh, cieee...!

Eh….sehari kemudian, anak kedua gw, Noni mulai ngerasa sumang, pening, dan kelihatan lesu, besoknya waktu mau dimandiin, ada bintik-bintik merah, noni kena cacar air !! alamak...satu baru kelar, eh kena satunya lagi...

Buruan gw pergi ke apotek, beli saleb Clovir + tabletnya juga. Cepet-cepet gw pakein ke bagian yang bintik-bintik merah itu.

Besoknya semakin banyak, dan mulai ada cairan bening didalam bintik itu, ya itu cacar air, kerjaannya mbak Suster Varicella ! Noni mulai gatal-gatal dan rasa nyeri. Kasihan banget ngeliat, sekaligus jijik melihat banyaknya bintik-bintik bening menyebar seluruh tubuh. Noni system imun tubuhnya lebih strong dari Joel, sehingga dalam waktu 5 hari sudah sembuh.  Akhirnya  setelah anak2 sembuh, gw balik ke Singapore, 14 Nov.

3 hari yang lalu (19 Nov), gw rasa persendian gw nyeri banget, badan rasanya pegel-pegel. Rasanya kalo rebahan di kasur, udah lupa kapan bangunnya, mager alias males gerak aja bawaannya. Sempet curiga juga, waktu gw raba kepala gw, kok ada kayak korengan, tapi ngak kepikiran tentang cacar air, padahal si Varicella zoster itu diam-diam sudah mendekam dalam diri gw, menunggu saatnya tiba untuk unjuk gigi… hihhyy….

Celakanya ini hari Sabtu, besok minggu (kemarin Jumat..ya iyalah..).. hari yang panjang bagi gw, harus cepetan ditangani nih. Gw harus ke dokter, tapi dokter mana ? langsung dalam pikiran gw, dr. Yap ! entah mengapa nama dokter itu muncul, mungkin karena sudah terpatri di alam bawah sadar, karena gw inget waktu gw sekolah 1994-1999, gw pernah pergi ke dokter Yap di dekat Holland village waktu mau check darah, keperluan sekolah. 

Dulu rumah gw dekat dari tempat prakteknya. Ya udah..sekarang gw ke dokter itu lagi aja, siapa tahu karena udah kenal, dapet diskon (cirri khas orang Indo bangett....)

Tanpa banyak basa-basi, dokter menyatakan bahwa gw positif sakit cacar air !! OmG…OmG…!! dosa apakah yang telah hambaMu lakukan ? gw kan ngak termasuk daftar cekal negara, gw ngak melakukan KDRT (kekerasan dalam rumah tangga), gw ngak…..gw…enggak………de el el. tapi ya...harus terima nasib...

Dokter memberikan resep obat yang harus diminum 5x sehari, dia kasih gw satu box, isi 70 tablet harus habis, + panadol + lotion untuk oles, obat anti alergi, banyak  banget dok…bisa buka apotik nieh… waktu gw mau bayar di kasir, gw kebat-kebit juga, sebab gw Cuma bawa uang 50 dollars + recehan, serta uang 5 dollar beberapa lembar. Mana cukup….tadinya gw pikir Cuma $15.00 (loe kira puskesmas....??).

Si Kasir bilang : $ 95 ! alamak…!! Uangnya ngak cukup…!! Gw korek-korek dompet, serta empat kantong celana gw rogoh semuanya, gw keluarin semuanya, eh…ternyata ada $ 97!! jadi masih sisa $ 2.00 !! gw itung-itung kalo kurs hari ini pas lagi tinggi Rp.8200 x 95 = 779.000 !! buzzettt…muahal bingittz ..!! padahal di Indo, gw beli tablet clovir itu Cuma Rp.4ribu/10 tablet. 

Tapi udahlah, memang kesehatan itu mahal prens, makanya kita kudu mensyukuri ama TYME atas rahmat dan kesehatan yang diberikan.

Dalam perjalanan pulang, gw piker-pikir lagi, gw ketularannya dimana ya? Ama anak gw yang pertama ? atau kedua? Atau dua-duanya ngehantam system imun tubuh gw? waktu gw cari ingpoh dari mbah gugel, memang di bilang penularan yang paling mungkin melalui letusan dari cairan cacar. Emang sih, waktu gw olesin salep ke Noni ama Joel, gw ngak pake glove, kan riskan banget ya, salah gw sendiri juga sehh... Mungkin dari situ, tapi kemungkinan kedua melalui benda-benda yang terkena lelehan dari cairan itu, bisa seprei, atau handuk, dll.

Tapi gw inget, waktu 3 hari pulang dari Indo, dubur gw rada-rada gatel, sampe di Singapore juga masih gatel, masak gw kremi-an sih..? Helloww... Ini abad 21 pemirsahhh... (istilah zaman now, apa yakk..?)

Sekarang gw tahu, miss Varicella Zoster datangnya darimana. Gw ama Joel make kamar mandi yang sama, kalo BAB (buang air besar) juga kita sama-sama “sit on the same throne”, nah mungkin waktu Joel sitting on the throne, cairan cacarnya yang ada dipahanya pecah dan meleleh. Sehingga waktu gw lakukan big business, sitting on my throne, gw kena langsung. pantesan, gw udah minum upixon alias obat cacing, gak sembuh-sembuh.

Sampe di rumah, gw langsung minum obat, sebenarnya gw ini fans beratnya Antimo, anti-minum-obat. Kalo lagi sakit sebisa mungkin gw gak konsumsi obat. Bagi gw tubuh udah punya system imun untuk melawan segala penyakit, jadi minum air yang banyak + istirahat, pasti sembuh. Maklum juga, gw  penganut aliran Pentakosta fanatic, yang melarang pemakaian obat-obatan. Tetapi penyebab lain juga, gw punya riwayat susah nelen obat. Dulu waktu gw kecil, udah berbagai cara dipake, tapi susah juga. Coba pake pisang biar ngak kerasa pahit, kata Mak gw. waktu Gw coba, emang sih ketelen, tapi pisangnya doank, obatnya tetap nyangkut. Pisangnya udah abis satu, tapi obatnya tetep nyangkut....xixixi..

Emang gw akui 3 hari ini gw kurang istirahat, tidur larut malam, menghadiri seminar, terus ada aja yang gw kerjakan, lagi rajin browsing,  mumpung di Singapore,surfing internet cepat, gratis lagi. Akhirnya system ketahanan gw jebol juga, gw kena cacar air!!

Belum ada reaksi dari obat yang gw minum, hanya gw ngantuk aja bawaannya. Malamnya gw rasa tubuh gw menggigil, gilaaa…dingin banget, gigi ampe bunyi catruk catruk, gw udah selimutan tetep menggigil, gw udah meringkuk kayak keong, tetap masih dingin. 

Rasanya Gw harus minum air hangat, pelan-pelan, gw pergi ke dapur, masak air, tubuh gw masih menggigil, belum mendidih airnya, gw ngak tahan lagi, cepet gw tuang ke gelas, lalu gw balik ke kamar, abis minum, badan agak hangat, mendingan. 

Transparent Washcloth Clipart - Fever Clipart, HD Png Download ...

Chicken pox…O… Chicken pox… Satu kali aja cukup lah yawww... 

Minggu, 23 Nov 2008

Jam 5.30 AM gw cepet bangun karna mau ke gereja yang pagi hari jam 8.30 AM, gw liat tidak ada perkembangan, baik positif maupun negative. Syukurlah, sebab kalau sampai meluas ke muka, walaaaww…gimana nanti di gereja ?? mana gw harus khotbah 3x lagi, di BIF, Ibadah raya oikos, ama di Youth.

Gw doa, jangan sampe tuh, si Varicella jelajah kena domba-domba, maklum, domba-domba di Oikos banyak yang imut-imut en innocent, gw takut si Varicella ini ngiler ngeliat mereka. Gw ngak bisa salamin jemaat, karena gw jaga jarak, agar jangan sampe mereka kesentuh ama gw, konon (supaya lebih seram) katanya kena hawa nafasnya aja bisa ketularan…..hihhyyy….

Gw beritahu jemaat tentang penyakit kudisan ini, jemaat meresponinya, selesai khotbah. Bro Ganda ajak jemaat untuk doain gw. hiks..hiks…hiks… gw terharu sekali. Satu hari selesai, sorenya gw istirahat sambil makan sup wantan alias pangsit. 

to be continued....

No comments:

Post a Comment