Wednesday, July 1, 2020

I AM THE WAY, THE TRUTH, and THE LIFE -4

Daily Devotion – Alive & Transformed 
Serial The Great I AM  - 20

I Am the Truth - 2

John 14:6 Jesus said to him, "I am the way, the truth, and the life. No one comes to the Father except through Me.

Pernahkah saudara tertipu? Kalau kerugiannya kecil, mungkin tidak seberapa bearti, tetapi kalau itu cukup besar, hal ini sangat menjengkelkan. Disini ada beberapa contoh :

Ada satu kejadian, seorang ibu ingin sekali pergi ke Holy Land, dia mencoba untuk menabung setiap rupiahnya, setiap kali ada uang, selalu dia sisihkan, kadang dia tahan keinginannya untuk beli barang-barang keperluan pribadinya demi niatnya terwujud, bahkan kadang dia pun mengurangi ngemil nya, agar uangnya cepat terkumpul, terakhir dia menjual sebagian perhiasannya untuk menambah kekurangannya. Singkat cerita ternyata, tour travel yang dia percayai akan membawa dia ke Holy Land, ternyata sindikat penipuan. Habis sudah uang yang selama ini terkumpul. Ibu ini semula percaya bahwa tour travel ini akan membawanya ke Holy Land, tapi ternyata dia ditipu. Uang habis, impianpun buyar.  

Dalam menentukan pilihan penting dalam hidup ini, jangan kita terpikat oleh penampilan luarnya. Seperti Firman Tuhan mengatakan, ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut (Amsal 14:12). Sepertinya jalan ini baik, ajaran ini mengajarkan tentang kebaikan, kesalehan, tetapi tanpa kita ketahui ujungnya ternyata berakhir dengan maut.

Kalau saudara melakukan online shopping, tentunya saudara mencari toko yang dapat dipercaya, yang reputasinya sudah dikenal orang banyak, serta banyaknya good review.  Jangan sampai, uang sudah di transfer, tetapi barang yg kita beli tidak kunjung datang, atau ternyata tokonya itu toko bodong, alias penipu. Seringkali kita hanya melihat dari gambar, kita pikir itu bagus, tetapi saat barangnya datang, tidak sebagus yang kita lihat via internet, kita tertipu oleh penampilan. Kita memilih untuk mencari toko yang dapat dipercayai, begitu juga dengan pilihan hidup ini, pilihlah pribadi yang dapat dipercayai, pilihlah Tuhan yang dapat dipercayai, yang sudah terbukti kuasanya, mujizat Nya, Kasihnya, perkataanNya, serta yang sudah mendapat banyak good review, dan bukti nyata, Yesus Dialah pribadi yang tepat.

Misalkan, Saudara belum pernah pergi ke Sumba, dan ingin pergi wisata kesana. Siapa yang saudara pilih untuk memandu ke Sumba, saya yang  belum pernah pergi kesana? Atau seorang pemandu yang berasal asli dari Sumba? Tentunya kita akan memilih orang yang berasal dari Sumba, karena mereka pasti sudah tahu daerah sana, serta tahu adat, kebiasaan, dan tempat-tempat yg layak dikunjungi. Jangan pilih orang yang belum pernah ke Surga untuk memandu saudara ke Surga, dijamin tidak akan sampai, karena dia sendiri belum pernah kesana, bagaimana bisa membawa saudara kesana? 

Yesus berasal dari Surga, Dia bukan berasal dari dunia ini, Yoh 8:23 "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.”
Jika kita mengikut Yesus maka DIA akan membawa kita ke Surga, tempat dimana Dia berada, pasti. Karena DIA berasal dari Surga. Kalau saudara ikut orang lain, saudara tidak akan pernah sampai ke Surga. Yesus dengan tegas dan jelas mengatakan, “ tidak ada seorangpun sampai kepada BAPA, kecuali melalui AKU”.

Lantas ada pertanyaan, bukankah setiap orang dari berbagai aliran kepercayaan apapun juga, akan berakhir ke tempat yang sama? Saya katakan, TIDAK SAMA. Akhir perjalanan hidup orang yang mengikut YESUS, TIDAK AKAN SAMA dengan orang yang tidak mengikut Yesus.


Kalau kita ikut Yesus, kita sudah tahu akan sampai dimana, tidak ada kata mudah-mudahan, atau semoga saja. Karena Yesus menjamin bahwa kita akan sampai di Surga yang kekal. Jangan pertaruhkan hidupmu yang singkat ini dengan mengikut aliran kepercayaan yang tidak jelas akan dibawa kemana. Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya maut! 

Have a blessed day !

1 comment: