Tuesday, July 14, 2020

I AM HE - 2

Daily Devotion – Alive & Transformed 
Serial The Great I AM  - 31

Ada orang yang mempertanyakan bahwa Yesus tidak pernah mengklaim diriNya sebagai Mesias, Juruslamat atau Allah, sehingga mereka mengambil kesimpulan bahwa Yesus bukan Mesias, bukan Juruslamat dan bukan Allah.

Marilah kita telusuri perjalanan hidup Yesus. Didalam kitab Yohanes, Yesus menyatakan diriNya sebagai Mesias justru bukan kepada orang Yahudi dahulu, tetapi kepada Perempuan Samaria.

Percakapan antara Perempuan Samaria dan Tuhan Yesus, menceritakan Perempuan itu sedang menantikan kedatangan Mesias, yang dia percayai akan memberitahukan segala sesuatu kepada dirinya.

Yoh 4:25 Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." 4:26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

Yesus mengungkapkan siapa diriNya, Dialah Mesias, Yang Diurapi, Juruslamat yang dinantikan. Tidak perlu menunggu yang lain, AKULAH DIA.

Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Allah. Apakah sebenarnya arti Mesias itu?

Mesias berasal dari kata bahasa Ibrani Mashiach artinya "yang diurapi" atau 
"yang dipilih”. Kata ini setara dengan kata bahasa Yunani Christos atau, dalam bahasa Inggris, Kristus. Nama "Yesus Kristus" adalah sama dengan "Yesus sang Mesias." 

Dalam jaman Alkitab, mengurapi seseorang dengan minyak menandakan bahwa Allah menguduskan/menyucikan atau memisahkan orang yang diurapi itu untuk peran tertentu. Dengan demikian, "seorang yang diurapi" adalah seseorang yang ditahbiskan/diperintah secara khusus untuk melakukan rencana yang diperintahkan Allah.

Dalam Perjanjian Lama, orang diurapi untuk posisi/jabatan nabi, imam, dan raja. Allah memerintahkan Elia untuk mengurapi Elisa untuk menggantikannya sebagai nabi Israel (1 Raja-raja 19:16). Harun diurapi sebagai imam pertama Israel (Imamat 8:12). Samuel mengurapi Saul dan Daud sebagai raja-raja Israel (1 Samuel 10: 1; 16:13). Semua orang-orang ini memiliki posisi/jabatan yang "diurapi". Tapi Perjanjian Lama menubuatkan seorang Pembebas yang akan datang, yang dipilih Allah untuk membebaskan bangsa Israel (Yesaya 42:1 Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.). Pembebas ini oleh orang Yahudi disebut Mesias.

Kapankah Nubuatan Yes 42:1 itu tergenapi? Ingatlah sewaktu Yesus dibaptis di Sungai Yordan oleh Yohanes Pembaptis, dia memberi kesaksian : Yoh 1:32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Bukankah juga diperkuat dengan terdengarnya suara dari Surga yang mengatakan :

Luk 3:21-22 Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit 3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

Kalau Yesus adalah Mesias, lantas apa pentingnya bagi kita?

Ada peristiwa menarik, selagi Yesus di rumah ibadat orang Yahudi, Yesus berada disana, dan dia akan membaca kitab suci. Biasanya penjaga rumah ibadat memberikan gulungan kitab untuk orang membacanya, dan saat itu, Yesus diberikan satu gulungan kitab, yang berisi Yes 61, Yesus membacanya dan mengatakan bahwa hari itu, telah digenapi, DIA lah yang dimaksudkan oleh Yesaya.

Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: 4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku 4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." 4:20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. 4:21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."

Jesus reading scroll | Jesus, Jesus images, Jesus pictures

Pekerjaan yang Mesias lakukan adalah :
a. menyampaikan kabar baik – adakah kabar baik yang Yesus sampaikan untuk saudara? Bukankah Dia berkata agar kita jangan kamu kuatir akan hari esok, burung di udara, bunga bakung di padang  dipelihara oleh Allah, terlebih lagi kita manusia. Bukankah saat murid-muridNya dicekam rasa takut, akibat adanya gelombang dan angin ribut yang mengancam jiwa mereka, Dia  berkata, jangan takut?  Bukankah Dia juga mengatakan kepada semua pengikutNya, Aku menyertai kamu sampai kesudahan alam? Itu adalah kabar baik !!

Kabar baik diberitakan kepada oran miskin (missqueen, istilah zaman now), kepada orang yang tidak punya kesempatan, orang yang terbuang, terhina, tersingkir, terabaikan. Saat seorang wanita hendak dirajam batu, hidupnya bagaikan telur diujung tanduk, mendekati ajal. Yesus menyampaikan kabar baik, Aku tidak menghukum engkau, pergilah.  Itu kabar baik bagi wanita itu !
Saat ada orang berdosa datang, Yesus berkata, dosamu sudah diampuni ! itu kabar baik !!

Ada satu ibu, kehilangan anak satu-satunya, kehilangan masa depan, kehilangan harapannya,  anaknya meninggal, Yesus berkata, jangan menangis...dan Dia membangkitkan anak itu, membangkitkan harapan bagi si ibu, itu kabar baik !

Saat ini kita sering mendengar kabar buruk, situasi kondisi dunia, ekonomi, bisnis, pekerjaan, kebanyakan menceritakan kabar baik, tiap hari disodori dengan kabar buruk, tentang jumlah orang terkena Covid 19, sampai akhirnya kita bosan dan tidak mengikuti beritanya lagi. kabar buruk tentang dunia pekerjaan, ekonomi yang terpukul. Kita membutuhkan kabar baik, dan kabar baik itu ada didalam Yesus, haleluya…! Saudara memiliki kabar baik, YESUS sang MESIAS menyertai saudara sampai kesudahan alam !

tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya." (Yohanes 20:31).

Have a blessed day !

(Bersambung)

No comments:

Post a Comment