Wednesday, July 15, 2020

Pastorchef 1

Menjadi seorang gembala sidang adalah tugas yang rumit dan njelimet, gak percaya? coba aja selidiki dan telusuri.

Pekerjaan pendeta bukan sekedar cuap-cuap di depan mimbar, berpakaian perlente, dasi dan jas gak pernah lepas dari badannya. sepertinya selalu rapi 
en nyentrik penampilannya. tetapi gak begitu juga  brooohh...

Ada banyak sisi yang tidak terlihat dan tidak terekspos selama ini, dan ternyata pekerjaan gembala sidang adalah pekerjaan yang rumit dan melelahkan. akh masa sehh..?

Sepertinya pekerjaannya santai, cuma minggu aja, eitt...nanti dulu gaess...(ini bukan curcol yaa pemirsahh...), dari senin-senin itu kudu stand by, jika ada info mengenai sesuatu terjadi dengan jemaat, baik pagi, siang, petang, malam bahkan tengah malam sekalipun, harus ada sesuatu yang dilakukan. 

Pernah ada kejadian, jam 11 malam, ada seseorang menelpon, pembantunya (orang Indo) kerasukan setan, majikannya minta kami melayani agar pembantunya itu dilepaskan dari setan, padahal besoknya itu saya mau berangkat ke luarnegri. Biar gimana pelayanan tetap harus dikerjakan, saya dan istri datangi, dan usir tuh setan-setan yang gak tau diri. pelayanan pelepasan bukan pelayanan semenit-dua menit selesai, apalagi kalau berurusan sama setan manja, alias gak mau keluar-keluar, kadang pake nego segala.. Alamak....setan kok pake nego...
Pelayanan pelepasan gak bisa langsung ditinggalkan begitu saja brader en sista.... paling gak kudu ada sedikit fellowship dan nasehat untuk orang yang baru dilepaskan, dan pelayanan berakhir jam 1 dini hari ! jam 6.00 paginya saya sudah harus ke airport !

Ada lagi cerita, Neneknya jemaat meninggal dunia saat berobat di Singapore, mayatnya mau dibawa ke Indonesia, dan sebelum tutup peti di Singapore, mereka ingin dilayani dengan ibadah singkat. dan minta dilakukan jam 5 pagi, padahal jenazahnya itu akan diberangkatkan sore. Saya pikir kenapa gak siangan aja, eh ternyata mereka pegang tradisi peti harus ditutup sebelum mahatari terbit. jadi subuh-subuh saya sudah harus ada disana. paling gak jam 4.00 pagi harus berangkat dari rumah. kuatir gak bisa bangun pagi, meski pake alarm, saya memilih gak tidur alias begadang. 

Belum lagi kalau ada jemaat yang bertikai, meski gak sampe jambak-jambakan,tetap  harus sediakan waktu untuk mendamaikannya. konseling juga menyita waktu banyak sekali.

singkatnya aja pelayanan penggembalaan jemaat itu dimulai dari kehamilan jemaat, kelahiran, penyerahan anak, pertumbuhan rohani, baptisan, pernikahan, sampai pemakaman, harus siap melayani 24 jam !

Yang paling stress adalah berkotbah....lahhh..? kok kotbah bisa setrezz seh pastor...? bradder n sista...kotbah itu bukan comot kotbah orang sini sana, copy n paste, lantas ikuti gaya Benny Hinn, tiup-tiup Mic, atau kibas-kibas jas nya, lantas orang pada rebah-rebahan...

berkotbah dimulai dari persiapan hati, pikiran en jiwa, bahkan fisik juga harus diperhatikan dan dijaga, coba aja kalo lagi bindeng, mana enak didengernya kalo kotbah,  apalagi kalo pilek, masa seh..tuh pendeta kotbah ingusnya meleran..gak banget deh...

Preaching key to attracting church-shoppers, survey finds

Pernah ada kejadian, pagi sebelum ibadah, tangan saya pegang sambel, pas lima menit sebelum kotbah, tangan saya mengusap wajah, keruan aja mata saya berair dan susah dibuka matanya. rasanya gak enak banget, mau ke kamar mandi buat cuci muka, gak sempet lagi...ya udah maju ke depan...sambil doa dipanjang-panjangin mata dicoba dikejap kejap, biar rasa pedesnya buyar...tapi tetap gak hilang-hilang...salah sendiri, mau ibadah malah pegang-pegang sambel bukannya berdoa...akhirnya 10 menit pertama kotbah dengan mata setengah terpejam...kalo ada jiwa baru datang mungkin berpikir, aje gile...tuh pastor sakti bingitss..kotbahnya aje ampe setengah terpejam...wakakak...

Menyiapkan kotbah penuh dengan pergumulan, dimulai dari mencari text yang akan disampaikan, persiapan materi, serta penyampaiannya. kita gak bisa niru style orang lain, harus jadi diri sendiri. isi materi kotbah, haruslah ada bekal untuk jemaat dalam menghadapi hidup ini. setiap kritikan, input baik positif maupun negatif harus diterima dengan lapang dada...kalo inputnya positif, jangan gede kepala, kalo kritikan negatif, ya harus diterima juga tanpa perlu ada ancaman dalam hati, awas,,,gw gak doain lagi loe..

Kritikan dalam pelayanan juga ada, wah...si pastor cuma perhatikan yang kaya aja.... apalah awak ini... pastor kok gak ngucapin ultah ke saya...kok dia lupa tanggal lahir saya...ulang tahun pernikahan kami juga lupa...saya sakit kok gak dijenguk...itu dasi pastor kok miring-miring gitu sehh...potongan rambutnya kok kayak model taon 60an...(untungnya semua contoh diatas gak ada yg ngeritik saya...wakakak). tips menghadapi kritikan dalam pelayanan gampang, mati rasa aja. mati rasa bukan bearti budeg yaa..alias kagak mau denger masukan. tapi gak masuk di hati, atau gak disimpen di hati, yang nantinya bisa sakit hati, dan kepahitan bukan lantaran makan daun pepaya. Untuk itu santai aja bro...intropeksi diri dan perbaiki sebisanya, do your best, itu aja seh. 

Pelayanan saya di singapore, dimulai dari tahun 1992 saat pegang satu komsel kecil di Bethel Assembly of God, Singapore, kemudian Tuhan percayakan sampai saat ini melayani Indonesian Family Church Singapore. saya bisa melihat, adanya sisi lain dari pelayanan yang Tuhan percayakan, yakni memasak. 

Entah kenapa saya kok bisa hobby masak buat jemaat...

bersambung

No comments:

Post a Comment