Thursday, August 27, 2020

BISIKAN IBLIS - 1

Daily Devotion – Alive & Transformed  

Yoh 13:2 Mereka sedang makan bersama, dan Iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot, anak Simon, untuk mengkhianati Dia.

Bisikan iblis…hiiii…serem dengernya,  ini bukan judul film horror yaa yang kalao nonton pas jumat kliwon malam, bikin gak berani ke WC, atau kalau tidur, semua lampu dinyalain. Ini adalah kisah dimana Yesus dan murid-muridNya sedang makan bersama, lalu Iblis membisikkan didalam hati Yudas.

e2a1f5cc76c75b8ff98da947fa1d067a_whisper-in-ear -clip-art-picture-gallery-image-12137-whisper-in-ear-clipart_3008-2000 -  Red Letter Challenge

Sodara bisa bayangkan, betapa beraninya dan kurang ajarnya Iblis, didepan ada Yesus, eh dia munculkan diri, dan berani-beraninya deketin salah satu muridNya lagi, dan membisikkan sesuatu.

Kok bisa yaa…ada Yesus disitu, eh ada iblis juga…bukankah kalo ada Yesus, maka iblis gak ada? siapa yang bilang…? Lho tapi kan ada ayat yang mengatakan, bahwa kalo terang itu ada, maka kegelapan akan sirna dengan sendirinya? Secara logika iya, seperti itu, tapi kenyataannya gak juga. Masak sih..?

Coba aja lihat, kenapa ada perpecahan di gereja? Kenapa anak-anak Tuhan berseteru, ribut, bahkan bisa timbul kepahitan? Kenapa kok saat ibadah masih ada yang ngantuk-ngantuk? Atau bahkan yang baru saja selesai KKR, bisa malah ribut sesame pelayan Tuhan, karena perkara sepele?

Nah, ayat diatas menceritakan, adanya tamu yang tidak diundang, yakni Iblis, dan dia menghampiri Yudas, murid Yesus !

Bisikan iblis ini bukan hal yang baru, dari zaman purbakala sudah terjadi, ingat gak, peristiwa nenek moyang kita, Embah Hawa? Saat Embah Hawa masih muda, saat lagi jalan-jalan di taman Eden, eh..iblis datang, dan membisikkan sesuatu untuk melanggar perintah Tuhan.

Iblis tidak pernah secara frontal memaksa manusia melakukan perintahnya, kecuali yang sudah menjadi pengikutnya. Dia hanya membisikkan di telinga, di pikiran, bahkan didalam hati manusia. Iblis tahu siapa manusia yang lemah, siapa anak Tuhan yang gampang di hasut, siapa anak Tuhan yang gampang di adu domba. Iblis tahu dari 12 murid Yesus, siapa yang paling lemah, dia tahu semua kelemahan 12 murid Yesus. Rata-rata iman mereka masih belum mantap. Petrus kadang teguh imannya, kadang goyah sehingga dia nyaris tenggelam di laut, Filipus meragukan tentang kuasa Tuhan, gak percaya akan penyediaan makanan untuk 5ribu orang,  Yakobus dan Yohanes, dua murid yang rada arogan dan mudah meledak-ledak, itu sebabnya di juluki anak-anak guruh, karena sifat yang meledak-ledak, mudah tersulut emosinya saat mereka ditolak datang ke suatu kota, dan banyak lagi kekurangan murid-murid yang lainnya.

Dari 12 murid itu, yang bisa dimasuki, dan dibisikin oleh iblis untuk rencana membunuh Yesus, adalah Yudas ! Yudas lemah dalam hal keuangan, dan iblis bisa memakai kelemahan Yudas itu untuk menyingkirkan Yesus. Hati hati dengan kelemahanmu, sebab dari situlah iblis bisa masuk dan membisikkan sesuatu.

1 Petrus 5:8  Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Ingatlah ayat ini, artinya, sadar, ngeh, waspada, berjaga-jaga, jangan lengah, sebab kerjanya iblis itu berjalan keliling, ngapain dia keliling? Mencari siapa yang lagi lengah, yang lagi gak berjaga-jaga, yang lagi bete, yang lagi males sama Tuhan, pokoknya dia akan cari dan hampiri orang semacam itu.

Iblis tidak bisa masuk kedalam manusia, apalagi kita yang sudah ada Kristus didalam hidup kita, didalam hati kita. Bukti nyata, kisah kehidupan Ayub ! iblis tidak bisa berbuat semaunya masuk dalam hidup seseorang dan menghancurkan semuanya. Ada batasan-batasan yang dia gak boleh langgar.  Ada pagar ilahi yang melindungi anak-anak Tuhan, termasuk jiwa, harta, dan kesehatan.

Tetapi iblis bisa membisikkan, menunggu reaksi sodara untuk menanggapinya. Saat sodara menanggapinya, maka dia akan masuk lebih lanjut, dan semakin dalam menjerat sodara.

Perhatikan pencobaan  yang terjadi dengan embah Hawa, iblis semula hanya memancing perhatian Embah kita ini, "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?" Kej 3:1. Iblis menambahkan kata, “bukan…” dengan tujuan memancing respon Hawa. Seorang wanita yang lebih mengandalkan feeling ketibang pria, akan lebih meresponi terhadap pernyataan seperti ini.  Kalo iblis datang ke engkong Adam, yang saat itu mungkin sedang sibuk mengurus taman Eden, kalimat itu mungkin gak ditanggapi, maap ye, ay lagi sibuk blis, lewat aja

Didalam Efesus 6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat. Ini dikatakan, bahwa iblis memakai panah api, serangan jarak jauh, iblis gak pake pedang, atau tombak dari jarak dekat, dia maen jauh sodara-sodara, dari kejauhan, dia tembakkan panah api nya. Kemana? Ke pikiran kita ! kalau kita tidak menggunakan senjata yang Allah berikan, maka bisa jadi kita terluka.

Pikiran ini menjadi medan pertempuran. Iblis membidikkan anak panah berapi ke pikiran Yudas, Yudas mengolahnya, dan menerimanya, dan selanjutnya, tinggal tunggu tanggal mainnya saja, untuk bertindak.

Tuhan Yesus banyak menasehati kita didalam menjaga pikiran ini. Mat 5:28 tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Ayat ini sangat jelas sekali, memandang lalu menginginkan. Lah kalo gitu kita gak boleh memandang cewek cantik, atau cowok cool, gitu? Gak gitu brader en sista, memandang boleh-boleh saja, karena kita punya mata, tetapi bahayanya, memandang dan menginginkannya, artinya memandang sekilas, lalu masuk dalam pikiran, dan berpikir lebih lanjut. Mata dan pikiran dan keinginan hati itu nyambung banget, jadi harus hati-hati menjaga pandangan kita. jangan pernah ingin akan melihat website porno, karena itu akan segera masuk dalam pikiranmu, dan berkembang didalam niat hati, serta menunggu waktunya saja, untuk berkembang menjadi dosa. Ingat akan kejatuhan Daud dengan Batsyeba, waktu lagi ngapain? Saat Daud sedang duduk di sotoh rumah, dia MELIHAT, dia MEMANDANG dan MENGINGINKAN Batsyeba yang sedang lagi mandi ! selanjutnya kita tahu, apa yang terjadi, Daud jatuh dalam dosa perzinahan.

Tuhan Yesus juga menasehati kita tentang pikiran kita, jangan kuatir akan hari esok. Dimana kita bisa kuatir? Didalam pikiran kita ! bukankah dengan pikiran kita ini, kita bisa stress, curiga,  bingung akan masa depan, akan hari esok, didalam pikiran kita ini banyak hal yang bisa terjadi, dan iblis memanfaatkannya untuk dia bisa masuk lebih dalam.

Karena itu, jagalah pikiran dan hatimu, jangan biarkan pikiran kosong, orang zaman baheula bilang : pikiran jangan kosong, nanti setan masuk.

Pikiran dan hati kita harus diisi dengan firman Tuhan, agar selalu ada perkataan Allah yang menangkis setiap serangan anak panah berapi setan. Perisai iman yang akan mematahkan setiap serangan itu.

"Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."  (Amsal 4:23). 

     Tuhan menunjukkan bahwa ada banyak persoalan yang dapat terjadi dalam hati manusia:  "Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat."  (Matius 15:19).  Segala macam tindak kejahatan seperti membunuh, merampok, mencuri, menipu, memerkosa dan sebagainya berawal dari niat yang ada di dalam hati si pelaku.  Sungguh sangat mengerikan sekali jika hati tidak dijaga dan dipelihara dengan baik.

Waspadalah !

Have a blessed day !

 

 

No comments:

Post a Comment