Friday, September 11, 2020

BERTANYALAH !

 Daily Devotion - Alive and Transformed

Yoh 13:21 Setelah Yesus berkata demikian Ia sangat terharu, lalu bersaksi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku."

Moment ini adalah moment yang mengharukan, dikatakan Yesus trouble in His Spirit, ada sesuatu yang menyusahkan hatiNya. Mungkin Yesus berduka, karena Yudas jatuh kedalam pencobaan. Yesus tahu bahwa DIA akan mati, dan disalibkan, dan memang itu tujuannya Dia datang ke dunia. Tetapi hal yang menyedihkan adalah salah satu dari muridNya yang menyerahkan DIA.

Renungan kemarin berbicara tentang penyingkapan akan adanya orang yang menyerahkan DIA kepada musuhNya. Di ayat berikutnya, Yesus memperjelas, bahwa salah satu dari antara murid ada yang akan menyerahkan Dia.

Penyingkapan dari Tuhan semakin lama semakin jelas. Pewahyuan yang kita dapatkan dari Tuhan, atau tuntunan Tuhan, makin lama makin jelas.

Kalau Tuhan memberikan satu penglihatan, mimpi, atau arahan, biasanya Tuhan menunggu kita melangkah satu langkah baru kemudian ada penyingkapan berikutnya. Kalau kita tidak melangkah lebih lanjut, maka terhenti sampai disitu saja.

Keinginan kita adalah untuk mengetahui sampai akhir, sampai ujung jalan. Tetapi kita tidak memiliki kemampuan untuk menerawang perjalanan akhir dari hidup kita, kapan dan dimana kita akan meninggal, sepuluh tahun lagi kita akan ada dimana, anak-anak kita akan kemana dan siapa jodohnya, dan lain sebagainya, itu semua menjadi rahasianya Tuhan.

Untuk itu dibutuhkan iman, kepercayaan kita kepada Tuhan. sama seperti bayi atau anak kecil, dia tidak pusing besok makan apa, karena orangtuanya yang akan menyediakannya.

Tuhan akan memberikan apa yang kita butuhkan dalam perjalanan hidup ini, kisah tentang Gembala dan domba di Maz 23 lengkap menjelaskan bagaimana pemeliharaan Tuhan terhadap umatNya. Gada dan Tongkat diberikan saat kita melalui lembah yang kelam, sesuatu yang menakutkan dalam hidup, sehingga kita memiliki rasa aman didalam Tuhan, karena ada penyertaanNya.

13:22     Murid-murid itu memandang seorang kepada yang lain, mereka ragu-ragu siapa yang dimaksudkan-Nya.

13:23     Seorang di antara murid Yesus, yaitu murid yang dikasihi-Nya, bersandar dekat kepada-Nya, di sebelah kanan-Nya.

13:24     Kepada murid itu Simon Petrus memberi isyarat dan berkata: "Tanyalah siapa yang dimaksudkan-Nya!"

13:25     Murid yang duduk dekat Yesus itu berpaling dan berkata kepada-Nya: "Tuhan, siapakah itu?"

Saat murid tidak mengerti, bertanyalah kepada sang guru, jangan diam saja. Kalau ada sesuatu yang kita tidak mengerti dalam hidup ini, tanyalah kepada sang pemberi kehidupan. Bertanya bukan bearti protes, atau mengeluh. Tanyakan kepada Tuhanmu apa  yang menjadi kegelisahan hatimu.

National Day of Prayer: Ask, Seek, Knock | Anthony Pranno Bahkan Tuhan mendesak kita untuk bertanya kepada DIA : Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui (Yer 33:3).  Diayat itu ada janji Tuhan, bahwa DIA akan menjawab dan memberitahukan hal yang besar yang tidak kita pahami dan ketahui. Woooww…!! Satu hal yang luarbiasa…!! Hanya sayangnya kita jarang menggunakan hak istimewa itu dalam kehidupan sehari-hari, kita terlalu sibuk dengan urusan kita, sehingga waktu untuk bersekutu dengan Tuhan, hampir tidak ada lagi.

13:26     Jawab Yesus: "Dialah itu, yang kepadanya Aku akan memberikan roti, sesudah Aku mencelupkannya." Sesudah berkata demikian Ia mengambil roti, mencelupkannya dan memberikannya kepada Yudas, anak Simon Iskariot.

Yesus menjawab pertanyaan murid-muridNya, didalam kitab Injil, saudara tidak pernah menemukan ada orang yang bertanya kepada Yesus, lalu Yesus cuekin, yang kita temukan adalah YESUS selalu menjawab ! bahkan terhadap orang Farisi, Saduki, ahli Taurat yang menanyakan ini itu dengan maksud nge-test, Tuhan tetap menjawab pertanyaan mereka.

Kalau ada sesuatu yang kurang jelas, bertanyalah, saat saudara membaca Firman Tuhan, tidak mengerti, bertanyalah. Tuhan akan menyingkapkan apa yang dimaksudkan, entah Tuhan jawab dalam bentuk peace of mind, atau melalui penjelasan orang lain, atau Tuhan mengarahkan saudara sehingga saudara menemukan jawabannya.

Diayat 26 Tuhan memperjelas apa yang dikatakan sebelumnya. Dia mengambil roti dan memberikannya kepada Yudas. Setelah bertanya kepada Tuhan, murid-murid harus memperhatikan apa yang Tuhan katakan, melihat apa yang Tuhan perbuat, jadi, jangan bertanya, lantas ditinggal pergi, begitu saja.

Ada banyak nubuatan di Alkitab tentang akhir zaman, disitu kebanyakan berbicara tentang symbol, tetapi kalau kita bertanya, Tuhan akan menyingkapkan maknanya, saatnya tiba semuanya akan terjawab.

Dalam situasi terjepit dan dituntut untuk segera mengambil keputusan, langkah apa yang akan kita lakukan? Akankah kita bertanya kepada Tuhan? Tentu saja dibutuhkan kerendahan hati untuk bertanya dan menerima jawaban Tuhan. Mengapa? Karena terkadang petunjuk Tuhan itu justru tidak sesuai dengan kehendak kita. Apakah kita mau tetap taat? Yakinlah bahwa arahan Tuhan selalu berbuah kebaikan pada akhirnya. Meski kita harus menjalani sebuah perjalanan yang tidak mudah dan beberapa kali bertemu hambatan, namun perjalanan kita akan berakhir dengan indah.

Allah kita adalah Allah yang menjawab, bertanyalah !

Have a blessed day !

 

1 comment: