Thursday, September 10, 2020

Et Tu Brute ?

Kalimat itu sangat terkenal dalam novel besutan William Shakespeare, mengenai Julius Caesar.  Itu menceritakan tentang pengkhianatan sahabat dekatnya Julius, Brutus.

Cerita singkatnya gini ya..Julius Caesar itu seorang penguasa Roma yang terkenal pada zaman dahulu kala, dia memimpin dengan cara yang dictator, dia sukses, tetapi ada beberapa senator kerajaan Roma yang tidak setuju dengan gaya dan tindakan dia, lantas mereka merencanakan untuk menggulingkan pemerintahan Julius ini.

Mereka mengadakan konspirasi, didalamnya juga ikut, Brutus, sahabat dekat Caesar. Perencanaan pembunuhan sudah disusun dengan rapi dan matang, pembunuhan akan dilakukan saat Caesar akan pergi memimpin rapat senat.

Saat Caesar berjalan memasuki ruangan, setelah menyampaikan pidato singkatnya, kemudian salah seorang senator berusaha untuk membunuhnya, dan menusuk pisau di lehernya, diikuti oleh beberapa Senator lainnya.

Dengan belumuran darah, Caesar berlari keluar ruangan ingin meminta pertolongan, dia melihat sahabat karibnya, Brutus ada didepan, dia berlari ke arahnya untuk meminta pertolongan, tetapi  yang terjadi justru sesuatu yang tidak dia duga, Brutus menusukan pisau nya dan mengakhiri nafas Caesar, sebelum meninggal Caesar berkata: Et Tu Brute? (kamu juga Brutus?).

Between Birds of Prey #18 - Et Tu, Brute? A Tribute to Julius Caesar

Kalimatnya berisikan, kecewa, penasaran, sedih, kamu kan sahabatku, kok tega? Aku gak nyangka…

Kalimat Et Tu Brute, menjadi semacam kiasan tentang kisah pengkhiatanan, atau sesuatu hal yang tidak kita duga orang akan berbuat demikian terhadap kita. 

Dalam hidup ini bradder en sista..kita bisa berteman dengan siapa saja, bisa curhat dengan siapa saja, tetapi hati-hati tidak semua teman itu bisa dipercaya. Ini bukan bearti kita curigesien (curigaan) sama siapa saja…bukan itu maksudnya, bisa-bisa kita gak punya teman.

Tuhan Yesus ngajarin kita, jangan memberikan mutiara kepada babi, apa sih artinya? Kok sadis banget dilambangkan dengan babi? Artinya, jangan memberikan sesuatu yang berharga kepada orang yang gak tepat, karena nanti bisa berbalik merugikanmu. Lantas dari mana kita tahu orang ini tepat atau gak..? nah ini sulitnya, karena kita pikir nih orang kayaknya bisa dipercaya, eh..ternyata mulutnya oblag, mangap…cerita sini sana….kalo sodara pernah ngalamin kejedut kayak gini, ya udah..anggaplah pengalaman, anggap saja, variasi dalam kehidupan.

Saya pernah mengalami kejadian seperti itu….

Kejadiannya udah lama banget, kayaknya sekitar tahun 2002 an, waktu itu Ay lagi punya jabatan penting nih, kepala sekolah Alkitab di Bekasi (dimana sih itu? di Indonesia). Ada satu rombongan mission trip dari Singapore, mereka mau mengisi pelayanan di gereja tempat ay melayani. Rombongannya cukup banyak sekitar 30 orang, anak-anak muda.

Namanya anak-anak muda, ada saja hal-hal yang gak pas dengan kebiasaan dan budaya setempat. Misalkan saja, pakaian rok mini, atau cewek pakai celana pendek, duduk angkat kaki, dan lain lain.  Apalagi gereja tempat ay melayani itu termasuk yang ketat dengan cara berpakaian, dan banyak pantangan ini itu.

Dalam pelayanan,  rombongan ini gak ada masalah, mereka memberkati sekali dengan pelayanannya. Hanya masalah budaya dan kebiasaan saja, tapi itu kami maklumi karena anak-anak muda, plus lagi datang dari negara lain. Jadi gak ada masalah sama ay dan gereja ay juga..

Beberapa minggu kemudian, ada teman ay orang singapore, boleh dibilang mentor ay selama sekolah di Singapore, seorang pendeta juga, dia mau mimpin satu rombongan anak muda ke Bekasi. Dia tanya ini itu, apa saja yang harus dipersiapkan.

Saya ceritakan bahwa belum lama ini ada juga rombongan mission trip dari Singapore, anak-anak muda, ada beberapa hal yang kurang pantas dilakukan, saya tulis di email…blabbla..bla…(waktu itu belum ada WA ya cyinn…jadi masih email-emailan…).

Eh….inikan obrolan santai…pake bahasa gaul aja yaa..

Maksud gw ceritain itu, bukan ngegossipin rombongan yang udah lewat itu. Cuma ngasih contoh aja, supaya temen gw ini kalo dateng bawa rombongan nanti jangan repeat kesalahan yang sama. Itu aja…sih..!

Ehhh…apa yang terjadi coba…??

Teman gw alias mentor gw itu..forward email dari gw ke pemimpin rombongan itu !! gile kan..??!! Apa maksud dia forward email gw…? darimana ay tau dia forward…? Lanjut ceritanya…

Beberapa minggu kemudian, pemimpin rombongan, katakanlah Ps.X, dia datang lagi untuk ngajar di sekolah alkitab. Pas hari terakhir dia ngajar, dia ajak ay ketemuan. Pembicaraannya cukup serius..

Dia nanya, waktu beberapa bulan lalu rombongan dia datang, ada masalah gak? Gw gak ngerti maksud pertanyaannya…gw bilang gak ada masalah..semuanya baik2 saja, pelayanan rombongan kamu sangat memberkati gereja kami.

Dia tatap mata gw, beneran..? gak ada masalah apa-apa..? atau mungkin ada kesalahan kami gitu..?

Gw rada bingung juga…apa maksudnya…seehh…? Bener…semuanya ok koq…rombongan kamu bagus pelayanannya…

Dia desek gw lagi…..coba elo pikir-pikir…apa ada kesalahan rombongan gw ama gereja elo….?

Gw geleng-geleng kepala…semuanya ok aja…(tetep gak ngerti maksud arah pertanyaannya…)

Lantas…dia keluarkan selembar kertas….dia bilang: ini email dari elo kan…??!!!!

Ya ampun prennsss….gw kaget setengah mati…kayak kesamber petir…!! Gw lihat itu emang email dari gw yg gw kirim ke mentor gw itu…!!! dan gw liat…mentor gw itu forward langsung ke Ps.X itu…!!

Bisa dibayangin perubahan muka gw saat itu, pucat, merah, biru, kuning, ….ya siapa yang gak kaget…kalo ngalamin kejadian kayak gitu…!!

Gw berusaha tenang, meski jujur saat itu gw malu ama dia, kesel, jengkel, kecewa,  ama teman gw itu. kayaknya waktu itu gw ngarep Tuhan segera datang…!

Gw bilang ama dia, gw gak ada maksud untuk kritik rombongan kamu, tujuan gw tulis itu, bukan bahas rombongan kamu, hanya gw pakai contoh untuk rombongan yang akan datang.

By the way, Ps. X itu  mantan polisi, Ex. pengawal presiden Singapore, jadi kalian bisa kira-kira, orangnya kayak gimana.

Ps. X serius natap gw tajam : gw akan lebih appreciate elo kalao elo bilang langsung ama gw tentang kekurangan rombongan gw…gak perlu elo cerita ke orang lain !!

Lahhhh….??

Jujur gw gak bermaksud untuk gossipin rombongan dia. Cuma ngambil contoh aja, lagipula gw pikir ini bukan sesuatu yang tabu atau yang privacy banget. Cuma ya sudah…namanya salah dimata dia…ya sudah..gw minta maaf…

Untung itu hari terakhir dia ngajar, kalo itu hari pertama, gw gak bisa bayangin gimana kagoknya gw terjemahin dia.

Setelah Ps. X pulang ke Singapore. Gw kirim email ke teman gw, gw tegor, intinya gini: elo kok forward email gw…? gw kan tujuannya buat kebaikan rombongan elo…?

Eh dia bilang: gw forward biar ps. X bisa evaluasi.

Helllooo….?? Ya biar gimana elo gak pantes forward email gitu tanpa sepengetahuan gw lagi. masalah evaluasi itu urusan gw sama ps.X. yang gw pikir, kalo dia datang lagi bawa rombongan, gw bisa evaluasi disitu. Atau dengan bahasa halus, gw gak bahas masalah yang lama, tapi gw kasih tahu hal-hal yang sebaiknya dihindari.

Eniwei, hubungan gw ama ps.X bubar…!! Gw sama mentor gw juga jadi dingin…

Tapi herannya si mentor itu gak berasa….dia gak merasa salah, dia gak merasa menyudutkan gw dalam posisi yang serba salah…kesel kan..?

Pas ketemu gw beberapa bulan berikutnya, dia biasa saja…padahal mah gw udah gedeg banget…(istilah betawi)…gw pikir apa dia autis, atau punya dua kepribadian…??

Dari sini gw dapet pelajaran, informasi apapun juga yang akan disampaikan sebaiknya diseleksi, dipilah-pilah,  jangan sampe terjadi miskomunikasi, bisa saja orang yg nerima dengan enteng, sekali klik,  forward WA, email, atau sms kita ke orang yang kita bicarakan, habislah riwayatmu kalau itu terjadi !!

 

No comments:

Post a Comment