Friday, September 4, 2020

MEMBASUH KAKI - 4

 Daily Devotion - Alive and Transformed 

Yoh 13:8 Kata Petrus kepada-Nya: "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya." Jawab Yesus: "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku."

13:9 Kata Simon Petrus kepada-Nya: "Tuhan, jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!"

13:10 Kata Yesus kepadanya: "Barangsiapa telah mandi, ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya, karena ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua."

13:11 Sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia. Karena itu Ia berkata: "Tidak semua kamu bersih."

Petrus tidak merasa nyaman bahwa Yesus akan membasuh kakinya, iapun protes kepada-Nya: "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya.!" Namun, Yesus kemudian mengatakan sesuatu yang tentu telah mengejutkan Petrus: "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku." (Yohanes 13:8), wooow….tidak mendapat bagian dalam Yesus….? waduh…gawat nih….!! gak tahu apakah makna dari mendapat bagian itu…..mungkin terpisah, mungkin tidak mendapatkan bagian warisan seutuhnya, mungkin tidak mendapat bagian dari kuasaNya, maka perkataan ini mendorong Petrus, yang sungguh-sungguh mengasihi sang Juruselamat, meminta kepada Yesus, "Tuhan, jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!" .

Pemikiran Petrus mungkin seperti ini, kalau membasuh kaki saja mendapat bagian dalam Yesus, maka jangan kaki saja, tetapi semuanya juga, tangan, dan juga kepalanya, kalau perlu seluruh tubuhnya agar mendapat bagian lebih banyak lagi. Disini kita lihat Petrus bukan greedy alias maruk, tetapi kerinduannya akan hal-hal rohani sangatlah besar, Petrus mengenali siapa sang Guru ini, maka dia ingin mendapatkan bagian lebih banyak. Saudara-saudara hauslah, rindulah akan hal-hal rohani dari Allah, maka IA akan memenuhi hidupmu.  Paulus menasehati, Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh , terutama karunia untuk bernubuat (1 Kor 14:1).

Mengejar Kasih, melakukan tiap hari dalam hidup kita, mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Usahakan dirimu memperoleh karunia Roh, adalah memiliki kerinduan, mencari, ada usaha agar kita mendapatkannya, entah dengan berpuasa, entah dengan berdoa lebih intim lagi, pokoknya ada usaha kita untuk up grade kerohanian kita, up grade agar mendapatkan karunia-karunia Roh untuk melayani sesama.

Kemudian Yesus menjelaskan arti sebenarnya dari pembasuhan kaki yang dilakukan-Nya. Petrus telah mengalami pembersihan keselamatan dan tidak perlu dibersihkan lagi dalam arti rohani (Kata Yesus kepadanya: "Barangsiapa telah mandi, ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya, karena ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua." Yohanes 13:10). Artinya, Petrus dan semua murid-murid Yesus, kecuali Yudas yang tidak pernah menjadi milik Kristus, sudah dibasuh total dalam arti rohani telah diselamatkan dan telah menjadi milik Kristus, sehingga tidak perlu dibasuh seluruhnya seperti permintaan Petrus itu, dan hanya memerlukan basuhan kaki saja.

Keselamatan adalah tindakan satu kali yaitu pembenaran karena iman kepada Yesus, tetapi proses pengudusan adalah terus menerus seumur hidup yaitu pembasuhan dari noda-noda dosa yang kita alami pada saat kita menjalani kehidupan di dunia.

Saat saudara menerima Yesus didalam hidupmu, artinya saudara sudah dikuduskan, sudah dibersihkan dari segala dosa, kesalahan dan pelanggaran. Selama menjalani hidup setelah kita terima Yesus, ada jatuh bangunnya kita dalam dosa, melanggar perintah Tuhan, keras hati, keras kepala, tidak mengampuni, tidak sabar, marah, ngambek sama Tuhan, ngambek sama pelayanan, menyimpan dendam, kesal, kecewa, irihati, tidak bisa mengendalikan diri, pikiran kotor, dsb.  Waktu kita melakukan hal demikian, tidaklah berarti Yesus nya keluar dari hidup kita, dan kita mengundang kembali DIA untuk menyelamatkan kita lagi. keselamatan itu hanya dilakukan satu kali saja, selanjutnya adalah pembasuhan kaki.

Sama seperti Baptisan Air, apakah saudara di baptis setiap hari? apakah setiap kali saudara melakukan dosa, maka dibaptis ulang lagi? tentu tidak, baptisan air hanya satu kali saja. Itu menjadi lambang tentang penyucian, saudara dibersihkan, dipermandikan (Kita memegang pemahaman baptisan selam, bukan baptisan percik).

Saat kita datang kepada Yesus, DIA menghapus segala dosa kita, DIA membasuh hidup kita, dibersihkannya, sehingga kita menjadi manusia yang baru, bersih dihadapan Allah. Kita dapat yakin bahwa pembasuhan itu adalah permanen dan lengkap. Tidak ada tindakan apapun yang dapat  lebih membersihkan kita dari dosa kita selain penebusan Kristus, sebab dosa kita telah ditukar dengan kebenaran Kristus yang sempurna di kayu salib (2 Korintus 5:21). Tetapi kita perlu pembasuhan (kaki) yang terus-menerus sebagai akibat hidup dalam daging di dalam dunia berdosa yang telah dikutuk.

 Pembasuhan terus-menerus adalah pengudusan yang dilakukan oleh kuasa Roh Kudus, yang tinggal di dalam kita, melalui memandikannya dengan air dan Firman” (Efesus 5:26), yang diberikan kepada kita untuk memperlengkapi kita untuk setiap perbuatan baik  (2Timotius 3:16-17 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.).

Dimandikan dengan air dan Firman (Efesus 5:26) maksudnya adalah saat kita mendengar Firman, Roh Kudus yang seperti sumber air didalam hidup kita akan membersihkan kita. mungkin nasehat dari Firman Tuhan yang kita baca atau kita dengar itu, tentang bersungut-sungut. Maka kita meminta Tuhan membersihkan hidup kita dari persungutan, dari complain ini itu, kurang bersyukur, dll. Kita meminta Roh Kudus membersihkan hati nurani kita, pikiran kita, kehidupan kita. AIR (Roh Kudus) dan FIRMAN adalah dua unsur penting dalam hidup kita, agar kita mengalami pembasuhan kaki setiap hari, setiap saat.

Pemazmur Daud setiap malam dia melakukan “pembasuhan kaki”  Mazmur 16:7 Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.

Pada waktu malam, Daud memberikan waktu untuk nurani nya mengajari dia. Dia menyediakan waktu untuk merenungkan apa yang diperbuatnya selama satu hari itu. Sebelum tidur, sediakan waktu untuk nuranimu mengajari saudara, bukannya nonton Youtube sampe kepulesan. Berikan ruang untuk Roh Kudus menegur, menasehati, memberikan masukan, evaluasi tentang kehidupanmu sepanjang hari itu.

Mungkin Roh Kudus membisikan sesuatu kepada kita..: seharusnya kamu jangan berkata kasar seperti itu…seharusnya kamu kaji lagi masalah itu dengan kepala dingin…seharusnya kamu jangan membentak anakmu, dia gak paham maksudnya, jelaskan dengan pengertian…seharusnya kamu bangun lebih awal, agar tidak terlambat dan hari-harimu akan jauh lebih menyenangkan….seharusnya kamu jangan makan kebanyakan…

Kalau “Pembasuhan kaki” dilakukan setiap malam, saudara memberi ruang ROH KUDUS (AIR) dan FIRMAN untuk membersihkan hidupmu, maka tidak akan ada lagi yang namanya pertikaian dalam rumah tangga, salah paham, perpecahan gereja, bad mood, bete dalam hidup, kesal dengan boss, dan sebagainya.

Anak-anak akan dibesarkan dalam lingkungan keluarga sehat yang berlandaskan Kristus, mereka akan tumbuh menjadi anak-anak yang berhasil didalam hidup mereka. Gereja akan menjadi gereja yang sehat, dan berkualitas. Saudara pribadi akan menjadi orang yang lebih sehat secara jasmani dan rohani, yang pasti hidupmu akan produktif dan berkualitas.  Masak sihhh…? Ada buktinya nih..

Mazmur 1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

The Way International™ | Psalms 1:3 03

Wooow…!! Satu ayat yang luarbiasa, dahsyat !! semua ingin mengalama kalimat terakhir ayat itu : apa saja yang diperbuatnya berhasil…! Caranya? Merenungkan Firman Tuhan setiap saat, menginjinkan AIR dan FIRMAN itu membersihkan hidupmu…!

Mari lakukan pembasuhan kaki setiap hari…!

Have a blessed day !!

 

 

No comments:

Post a Comment